MARKAS BARU

MARKAS BARU
Markas Baru

Marilah kemari wahai pembaca-pembaca buku

| | 10 comments
Ketika di minggu pagi sedang mantengin timeline, tiba-tiba seorang teman sedang menge-twit tentang dia yang sedang berada di Festifal Pembaca Indonesia. Hmm..ini acara apa ya? terus terang saya belum pernah mendengarnya. tapi ini pasti tentang buku, bukan tentang memancing #yaiyalaaa.
Dan dengan suasana badan yang dipaksa mandi, akhirnya dengan tekad yang bulat telur,saya berangkat ke lokasi.
Tempatnya berada di Gor Sumantri, di halamannya. tepatnya pas berada di sebelah kanan Pasar Festival.

Akhirnya saya datang juga bersama beberapa orang teman, yang janjian ketemuan disana. ini adalah teman-teman yang saya tau agak gila kalo masalah baca-membaca buku, seperti @saifulmuhajir dan @ekasept. di sini juga ketemu dadakan dengan beberapa teman-teman kopdarjakarta.. , macangadungan, natalie dan mama wiwikwae.

Jadi apakah sebenarnya Festifal Pembaca Indonesia 2010 ini cit?
Hmm.. yang pertama menarik perhatian saya adalah stand-stand para kolektor buku yang tergolong mania banget. Di sini saya liat ada kolektor karakter tokoh kartun amerika, kolektor Lord of the ring (eh atau penggemar JRR Tolkien ya) dan tentu saja kolektor serial Harry Potter

Eh saya juga menemukan stand seorang kolektor buku-buku bacaan saya jaman kecil yang sangat saya digemari. Koleksi Daftar Pustaka yang memuat tentang dasar-dasar ilmu pengetahuan yang cocok sekali dibaca oleh anak-anak. Ilmu-ilmu yang ditampilkan secara ringan dilengkapi dengan gambar dan contoh-contoh percobaan. Kalo saya sih membaca buku ini dulu di pustaka sekolah, tapi sang empunya koleksi ini bercerita bahwa semua buku itu adalah koleksinya sejak kecil yang dia simpan sampe sekarang dan masih ada..waaaaw takjub. koleksinya banyak juga.

Dan yang bikin eksaitid banget adalah, ada satu meja yang di sponsori oleh -kalo gak salah- Goodreads Indonesia yang menyediakan buku-buku bekas yang bisa ditukarkan dengan buku bekas lain yang kita bawa.
Jangan kecewa dengan buku yang tersedia disini, karena itu bisa saja buku-buku kualitas bagus, buku yang ingin kau beli tapi belum kesampaian atau malah buku yang benar-benar baru karena masih ada sampulnya.
Meja inilah yang paling banyak dikunjungi orang, tapi tentu saja kau harus membawa buku bekas juga. integritas di uji loohh karena meja ini tanpa pengawasan :D
Dan saya memang menemukan satu buku yang belum terbeli untuk melengkapi koleksi yang udah punya.. #girang *lompat2* *salto* *kayang*


Ada juga stand yang diperuntukkan dikunjungi untuk sekedar ingin membaca. Stand itu biasanya didirikan oleh taman-taman bacaan atau kolektor. jadi kalau ingin membaca kesini mungkin sebaiknya kita datang lebih pagi agar waktunya lebih luang. saya sih gak sempat karena sibuk mikirin mendapatkan buku bekas hihiihi.


Di bagian lebih kedalam lokasi festival, ada stage yang menampilkan talkshow oleh para penggiat buku dan pengarang-pengarang populer indonesia. Jadi kalau kita tau jadwal shownya maka mungkin bisa menemui pengarang yang kita idolakan, sekalian bisa minta tanda-tangan. Sayangnya saya gak punya jadwal jadi gak tau siapa saja yang tampil.
Ketika kemaren di sana saya sih sempat sekilas melihat shownya raditya dika si kambing itu dan beberapa launching buku. Juga tersedia gudibek buat yang mantengin shownya, menarik bukan..

Tidak kalah serunya juga stand-stand para penggiat menulis dan menggambar yang mempromosikan tentang betapa gampangnya menulis dan menggambar serta menawarkan program-program menarik yang akan membantu kita mengasah bakat-bakat tersebut. Mereka juga memberikan link-link program menarik jika kita ingin menerjuni kedua bidang itu.

Ehmm.. eh eykee juga sempat berfoto dengan sang pengarang buku Negri 5 Menara itu, Mr. Fuadi. Pake malu-malu dulu minta fotonya gyahahaha.. sayangnya gak bawa bukunya, jadi gak bisa minta tanda-tangan :D

Ada event menarik juga di pojok sebelah kanan depan areal Festival ini yaitu semacam mobil van yang -kalo gak salah lagi- disponsori oleh WWF yang mengakomodir keinginan anak-anak. Di pojok ini ada acara lomba menggambar dan mewarnai, juga telling story yang disajikan secara atraktif karena diselingi dengan bernyanyi dan jingle-jingle. Seru deh pokoknya...

Demikian pengalaman saya mengunjungi Festival Pembaca Indonesia 2010 yang sangat menarik. Pesannya sih mudah-mudahan tahun depan kalo mau ada event ini lagi mungkin promosinya dibikin lebih mentereng sehingga jadinya saya tau lebih awal (padahal sendirinya yang gak gaul... :p) dan acaranya disetting agak berapa hari gitu, biar kita-kita lebih puas...

Sampai jumpa lagi di Festival tahun depan yaaa.... *dadah2*



10 comments :

  1. pasti disana panas, trus desak2an, kan rame bgt. sumpek pasti *iri dan dengki*

    BalasHapus
  2. ooo kamu iri yaaa.. *ngunyah bakwan*

    BalasHapus
  3. yah, nyesel ga bisa dateng. padahal, pengen tuker buku tuh.. :(

    BalasHapus
  4. *bergabung dengan billy masuk grup nyesel*

    BalasHapus
  5. menarik... menarik.... tapi gw mah gak akan mungkin dateng ke acara begitu... gak suka baca :))

    BalasHapus
  6. @billy dan @rudy : ayo bikin grup di fesbuk, grup nyesel gak datang di FPI :D

    BalasHapus
  7. @ichanx : tapi kan lo bisa ketemu gw chanx, gimana, lebih menarik kan? :D

    BalasHapus