MARKAS BARU

MARKAS BARU
Markas Baru

Ke Bumi Minang nan Cantik Rupawan Part 2

| | 13 comments
Naah naah... sekarang mari kita tengok, kuliner apa aja yang ada di bumi minang...
terlebih dulu saya mohon dimaapin kalo fotonya rada banyak, tapi sizenya dikecilin kok,, :)

Bahwa masakan minang itu rasanya enak-enak, itu tak kan terbantahkan lagi. Masakan minang tersebar dimana saja di seluruh indonesia.
Nah kali ini saya mau posting beberapa makanan yang bisa ditemui kalo kita mengunjungi Sumatera Barat dan mungkin tidak ketemu di kota lain atau kalau bertemu di kota lain, gak akan seenak disini :)

Di kota Padang, ada kuliner yang terkenal, namanya Es Durian "Ganti Nan Lamo". letaknya di daerah Pondok. Daerah pondok adalah semacam daerah pecinan, di sini banyak tempat makan yang enak-enak. Nah Es durian sendiri banyak terdapat di sini, tapi Es durian "Ganti Nan Lamo" ini yang paling awal berdiri dan paling banyak dikunjungi.


Es durian ini sangat enak.... kata siapa? kata teman saya sih, karna saya gak suka durian.. #tergubrak. Tapi ini memang makanan yang sangat direkomendasikan di sini. Kalau gak suka es durian, masih ada Sate padang, Gado-gado dan es tebak untuk dinikmati.

Next, ini bakso paling kondang di kota Padang Panjang. Namanya "Mieso Si Amin", ada di prapatan Bioskop Karya di Kota Padang Panjang.



Loh, bakso kan bukan makanan asli daerah Sumbar.. apa sih enaknya bakso ini?
Daging baksonya rasa bakso yang perfect lah ya, dagingnya berasa banget, dan detail kuahnya terasa di lidah. Dan menurut saya, citarasa sambelnya juga bikin beda, entah kenapa, sambel yang agak item hangus itu tapi bikin kuah nya bercita rasa beda. Top deh pokoknya... selalu gak lupa saya singgahi kalo pulang kampung :)

Saya ini penggemar Ketupat Sayur nomor satu di dunia... #jiaaah. Dan itu haruslah ketupat sayur masakan padang. bersantan kental, berbumbu dan bersayur banyak. Sayurnya kalo gak nangka, buncis, rebung atau gulai pakis. Ini salah satu ketupat sayur kesukaan saya, sudah ada sejak jaman saya SD. Adanya di Pasa Rabaa, pasar rabu-sabtu yang ada di dekat rumah...


Ditempat saya beli ketupat sayur itu juga banyak makanan kecil yang enak-enak. Semuanya saya makan HUAHAHAAHA.. ada lopi atau lupis dan lapek.


Oiya, satu lagi kuliner istimewa, adanya Di bukittinggi... Itiak Lado mudo Ngarai. Ngarai ini adalah daerah di lembah sianok. Itiak or itik yang disajikan dengan Lado mudo atau Cabe ijo ini sangat enak, dagingnya empuk, tanpa anyir dan bumbu cabe ijonya yang pedes nikmat... Sekali coba bakal nambah terus deh nasinya... tapi sambil kepedesan begok gitu hahahaha



Kalau mau beli oleh-oleh keripik sanjai atau makanan khas Minang lainnya, juga banyak tersebar di bukittinggi. Ada bermacam-macam loh, bahkan makanan yang bakal jarang ditemui di tempat oleh-oleh di Kota Padang.


Yang paling populer juga adalah Keripik Kulit atau orang sini biasa sebut "Karupuak Jangek". Biasanya dijual dalam bentuk curah dan tersedia juga dalam bentuk yang belum digoreng. Biasanya yang ini lebih diminati karena kalau dibawa ke rantau akan bisa dinikmati lebih renyah karna digoreng sendiri.

Naaah... makanan rekomendasi saya yang lain, ini pastilah istimewa. Ini adanya dikota Padang Panjang, yang tentu saja kalau gak makan ini pas pulang, saya bakal kemimpi-mimpi. foto-foto ini saya ambil kurang menarik, karena belinya dibungkus dari pasar oleh emak karena buru-buru mau balik ke jakarta #halah #dijelasin

Makanan apa aja itu ciiittt????
Sate Mak Syukur. Ini adalah rajanya Sate Padang. Istimewa sekali pokoknya. Setiap tamu penting datang ke kota ini pasti gak bakal lupa disuguhi sate ini. Istimewa sate ini tentu saja dagingnya. Enak dan segar... selain kuahnya tentu saja :)


Mie Rebus bikinan restoran gumarang Padang Panjang
Jangankan saya, ipar-ipar yang bukan orang minang aja, juga sangat menggemari ini. Ini adalah makanan yang selalu ada di kepala saya dan saudara-saudara di rumah. Apa istimewanya ya?? entaaah :)))


Namanya bubur Kampiun. Sebenarnya di jakarta sudah bisa ditemui di Pasar Benhill, tapi tentu saja yang enak ada di tempat asalnya.
Bubur ini sebenarnya isinya campur-campur, ada kolak pisang, bubur putiah/sumsum, bubur delima, de el el..de el el.... Istimewanya? tentu saja citarasanya... mak nyos nyos nyos...


ini foto buburnyanya hampir kelupaan, jadinya pas udah mau habis baru di foto. jadi kebagian kuahnya aja huehehe

Sekian part kedua dari postingan saya tentang pulang kampung kemaren. Tentu saja ini baru sedikit bagian dari kulineran yang ada di Sumatera Barat. Tapi udah lumayan banyak juga sepertinya.
Tapi ingat, ini bukan lipservis semata, ini enaknya NYATA...TA..TA..TA...

bababababay... Selamat membengkaaaak..........

13 comments :

  1. Es dureeeeeeeeen! huaaaa... *ngeces* -_-'
    iler saya membengkak gara2 kamu cit ah!

    BalasHapus
  2. hayooo, pindah proyek ke padang :)))

    BalasHapus
  3. ngiler liat bakso dan es duriannya. selama ini saya memfavoritkan bakso H.sonny di Lampung.

    BalasHapus
  4. jadi makin pengen ke padang.. kapan ya? sekalian istri pulkam ah.. :D

    BalasHapus
  5. Aan : ahaaa, saya juga pernah makan bakso fenomenal yg ada di lampung itu. yaa..bolehlah :)

    BalasHapus
  6. Billy: oiya, baru ngeh kalo si cantikmu urang minang juga ya bil. ayo,liat2 kampung istri..

    BalasHapus
  7. *GLEK* *ngiler mode on*

    BalasHapus
  8. icit gak sopaaaaaaannnnn....

    *mendadak rindu kampuang nan jauh di mato* T_____T

    BalasHapus
  9. ini postingan menyebalkaaaann
    saya jadi ngiler abis
    ayo tanggung jawabb
    *ngamuk2 sendiri*
    :((

    BalasHapus
  10. dari semua itu baru ngerasain Sate Mak Syukur nya.
    yang lainnya kayaknya enak2 juga ya ... #pengen

    BalasHapus
  11. icit, tolong, layanan deliperi, Itiak Lado mudo Ngarai.*lap iler

    BalasHapus
  12. Cuma ngerasain perkedel jagung yang dijual di atas bis ketika ngelewatin Padang Panjang. Nggak sempet kuliner di sana, hiks.

    BalasHapus
  13. makanan yg sudah saya nikmati semua(karna saya lahir dan besar di Padang Panjang) nice

    BalasHapus