MARKAS BARU

MARKAS BARU
Markas Baru

Pulau Tidung.. Snorkling Pertamaku

| | 19 comments
*sekonyong-konyong datang*



Marilah simak pengalaman saya mengunjungi Kepulauan Seribu, dimana pulau yang pertama kali saya injak adalah Pulau Tidung. Dan menurut saya sebagai seorang amatir, mungkin memang pulau ini dulu sudah cukup buat saya :)

Dan mari kita bercerita tentang Pulau Tidung. Pulau yang berjarak kira-kira 2 jam perjalan dengan kecepatan kapal yang entah berapa meter per jam :p Oiya, untuk memudahkan perjalanan anda bisa menggunakan jasa Agen perjalanan seperti yang saya dan teman-teman pakai, di sini kita pakai agen perjalan http://colleadventure.com/. Agen perjalanan ini mulai bekerja ketika kita sudah sampai di Muara Angke. Caranya ke Muara Angke? sebaiknya naik taksi #eh. Atau naik angkutan Grogol langsung Muara angke Untuk angkutan dari daerah lain sepertinya tidak ada karna tidak terlihat oleh saya... #halah
Di Pelabuhan Muara Angke yang merupakan pelabuhan nelayan, kita akan dipersilahkan naik kapal. Oiya, buat jaga-jaga Pelabuhan Muara Angle yang juga pangkalan ikan ini sangat becek, jadi saya sarankan memakai sendal jepit atau boots. 

Nah mari melihat perjalanan ini versi saya. Begini.. #ehm... sesudah kira-kira 2 jam perjalanan saya sampi di Pulau Tidung yang kira-kira bertepatan di pukul 10, hal yang pertama dilakukan adalah ke penginapan untuk makan dan istirahat sebentar. Kesempatan ini juga digunakan untuk berganti pakaian jika ingin memakai baju renang atau atribut lainnya. Kira-kira jam 1, guide yang akan menemani perjalanan datang dan mengarahkan menuju kapal ke Pulau kecil yang merupakan tempat lokasi Snorkling. Di kapal juga telah tersedia perlengkapan snorkling jadi bisa dicoba-coba biar gak kagok.
Bagaimana pengalaman Snorkling kamu cit? Emejjjinnng, buat saya yang baru pertama kali.. huehehe. Walopun saya tau kepulauan seribu bukan lokasi snorkling yang TERindah di jajaran kepulauan indonesia yang indah anggun semlohay ini, tapi cukuplah memberi kepuasan. Melihat karang berbagai jenis, coral, ikan-ikan berwarna-warni dan lautan yang menakjubkan. Untuk diingat, karang-karang ini lumayan tajam. Dan untuk snorkling pada waktu mendekati sore bikin gelombang lautnya lumayan bergolak sehingga kemungkinan terbesar akan tergores karang, maka siapkan BETADINE :)

Saya juga sarankan berbaju renang sih menutup seluruh badan, ini untuk meminimalisir goresan dari karangnya, karna berdasarkan pengalaman saya lebih sedikit tergores dibanding teman-teman yang lain.
Jangan lupa juga membawa Kamera underwater untuk mengabadikan momen-momen indah anda.. (kaya slogan iklan buu...), tapi kalau tidak punya, agen travel sendiri akan meminjamkannya... lumayan :)

Kita akan mengunjungi tempat snorkling di dua lokasi, walaupun menurut saya sih kedua lokasi ini tidak punya perbedaan jenis terumbunya sih, ya iyalah yaaa, masih deket ini.
Oiya, sebelum pulang juga akan mampir di lokasi Jembatan Cinta.. #halahNamanya. lokasinya sebenarnya di salah satu ujung Pulau Tidung, di sini kita bisa uji nyali melompat dari jembatan yang cukup tinggi. Kamu nyobain gak cit? // yaaa iyaa lah yaaa... #pamer
Oke, suguhan selanjutnya sehabis isya adalah barbeque di pantai, udah malam sih jadi gak bisa menikmati view pantainya. Cuma suasana ngumpul barbeque-annya aja yang dapet. Akan namun tetapi rasa barbequenya sih.. uhukk.. kurang.. uhuk.. enak.. Maklumlah ya, tukang makan semua jadi kita punya citarasa yang tinggi gituh..

Oiya, karna kita punya sepeda nih, kapan ada waktu luang bisa dipakai buat muter-muter Tidung loh, seru banjet..

Hari Kedua 
Sebenarnya sih planing waktu subuh adalah melihat sunrise, cuma ada sedikit insiden yang membuat kita terpaksa membatalkannya. Jadinya kita loncat ke acara selanjutnya.
Nah acara selanjutnya adalah ke lokasi Banana Boat dan Donut Boat, dan untuk mencapai lokasi tersebut bisa naik sepeda konvoi-konvoi-an. Sebenarnya lokasinya ada di Jembatan Cinta yang hari sebelumnya kita kunjungi dan lumayan jauh dari penginapan. Di sini memang diperuntukkan untuk lokasi outbond dan semacamnya. Mengingat dan menimbang paket travel yang kita ambil gak termasuk mainan-mainan ini, terpaksa rogoh kantong lagi sih. Yandakpapalahya, horangkayah semua ini.. #hoax.
Saya dari dulu selalu ingin naik banana boat, okeh saya emang cupu belum pernah sebelumnya. Tapi seseru-serunya banana boat, lebih seru naik donut boat, lebih ekstrim dan menantang. Dan memang karna ekstrim itu, jadinya beresiko tinggi juga. Yah, gitu lah ya.. jadi hati-hati aja sih. Jangan memaksakan diri. 
Pihak pengelola sih Alhamdulillahnya bertanggung jawab atas kejadian kalo benar-benar terjadi. 

Add caption
Di sini juga punya view yang asik untuk berfoto-foto, ada jembatan yang panjang yang menghubungkan Pulau Tidung dengan pulau kecil di seberangnya, entah pulau apa deh namanya tuh, lupa nanyak :p

Oke, melewatkan waktu cuma di satu tempat ini ternyata cukup lama, memakan waktu sampai jam 10 lah yang membuat kita musti balik ke penginapan karna kapal akan menjemput pukul 12. Benar-benar harus ngasih space waktu loh, karna ini bakal kepake buat ngantri mandi dan makan siang.

Dan akhirnya tepat jam 12, kami naik kapal dengan GEMBIRA..!!!

Beberapa review

  • Review makan : Makanannya enak, semua menikmati dan cukup banyak. termasuk makanan-makanan pendamping lainnya. 
  • Review penginapan : Oke, cukup bersih, bisa menampung kami yang 15 orang dan kamar mandi serta tempat tidur yang mencukupi. Walaupun gak semua tertampung di kamar, cukup nyaman.
  • Review agen perjalanan : cukup memberi pelayanan yang baik, akomodasi yang cukup memuaskan dan baik deh pokoknya..
  • Review Kapal penyebrangan : sebenarnya agak gerah sih ya karna sempit dan rame, tapi sebenarnya kapal yang kami tumpangi lumayan besar dari kapal-kapal tetangga.. 
  • Review Pulau : Hmmm, pulau ini sudah rapat penduduk, jadi gak bisa ngarepin pulau kayak di film The Beach, dan sebenarnya masalah kebersihan dan sampah agak parah di sini.


Yang penting diingat 

  • Jangan lupa mempersiapkan pakaian kering yang cukup dan perlengkapan standar mau ke pantai seperti baju renang, sunblock, betadine, makanan mengenyangkan, es krim, roti, kopi, permen chacha, tory tory cheese craker, hot hot pop, dll (oke ini lebay)
  • Jangan lupa bawa kacamata item, biar tambah eksis kalau di foto dan sarung bali buat cewek biar bisa foto ala model kalender... #dikeplaki
  • Jangan lupa untuk menyediakan kameramannya yang oke, seperti saya.. (berharap diajak gratisan)
  • Belajarlah naik sepeda biar gak ngerepotin temen karna harus membonceng ke lokasi Banana Boat
  • Gak bisa berenang sih oke-oke aja, tapi yang penting jangan panik di air
  • Hati-hati untuk menjaga barang-barang bawaan, terutama di penginapan. karena bisa saja ada maling yang mengintai..
  • Gak boleh pake telat kemana-mana
    Foto narsis, jangan di tiru
Oke,sekian dulu laporan pandangan mata kaki telinga dan badan tentang berkunjung ke Pulau Tidung. Perjalanan yang cukup menyenangkan, melelahkan badan tapi menyegarkan jiwa.. ejiiyeee...
Nantikan review saya di Pulau-pulau di Indonesia lainnya.. (yakali ada yg ngajak lagi)
Caaauuuu......


19 comments :

  1. Jadi kamu ke tidung tapi nggak ajak-ajak aku, cit?
    Fine! Cukstaw!
    *dateng-dateng marah* *dilempar sendal*

    Akan tetapi postingan ini akan lebih lengkap kalo kamu ngasih tau estimasi harga atau biaya yang dikeluarkan selama perjalanan. Sekian.

    *mencoba menulis kembali komen yang hilang*

    BalasHapus
  2. waaaa... putri komen.. *terharu*

    Keren kan put, keren kan.. *kedip2*

    eeeitu link agen perjalanannya bisa di klik kakak, semua udah include di dalamnya.
    Kalau biaya ke Muara Angkenya ya beda2 toya, tergantung lokasi kosan anda.. TING!

    BalasHapus
  3. ICiiiiiiiiit....
    itu baju renangmu pake apaaaa?
    aku lagi pengen terapi biar gak takut air..
    tapi baju renang kan mehel banget.. :|
    Secara aku takut air, jadi gak punya baju renang.. :|

    Btw di sana ada sinyal data buat internetan gak sih? :|

    BalasHapus
  4. @ajeng
    baju renang biasa aja kok, yg dipake buat di kolam2 biasa..
    ee gak perlu takut air, gak bakal tenggelam kok, airnya asin banget :)
    ajak noh si gimbal nyebrang pulau :)

    Sinyal ada, tergantung provider, kalo telkomsel lancar, yg lain sih di tempat2 tertentu emang hilang..

    BalasHapus
  5. Aku pengen liburan, tapi tetep harus onlen buat kerja.. :|

    Aku perlu beli gak ya? Buat sedia aja sih.. Walaupun aku belum tentu berenang..
    Aku pengen ke pantai.. >___<

    BalasHapus
  6. Aku suka Tidung tapi lebih suka lagi Pulau Pramuka sih :D
    Soalnya dari Pulau Pramuka ada begitu banyak pulau lain yang bisa disambangi buat snorkling Cit :)

    BalasHapus
  7. @ajeng
    perlu jeng, kita gak tau kapan kita bakal diajak senang2 :)

    BalasHapus
  8. @eka
    ho'oh, aku dengar tentang pulau pramuka lebih bagus sih.. tp ya namanya masih cupu, jd ke pulau yg ini dulu aja
    btw, katanya pulau pari malah lebih bagus, lebih bersih karena dikelola LIPI

    BalasHapus
  9. aku pingin ke pantai T___T
    icit tega ga ajak2 huh *melengos*

    BalasHapus
  10. eeaaakkk linda, nanti kapan2 kita jalan2 kayak gini lagi deh :)

    BalasHapus
  11. Ayo Kak Icit, kita cobain Pulau Pari, yuk. Tidung udah bosen. #nggaya

    BalasHapus
  12. total harga kerusakan dari hari pertama sampe terakhir berapa? kok ga ada biaya2nya berapa gitu? kurang lengkap nih postinga. Ulangi! :P

    BalasHapus
  13. @isnuansa : mari kakaaak... kalo udah brojol ya :)

    BalasHapus
  14. @chic: kita ndak boleh inget yang jelek2 mak chic, harus move on.. *mikir sambil ngitung*

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw belum pernah ke sono

      eh, cit. harusnya loe gak pake sepeda orang gede gitu

      *ngilang*

      Hapus
    2. masih nyampe kaki gueeee.... *plaaaaak*

      Hapus
    3. yakin cit? dirimu ndak jatuh? :))

      Hapus
  15. Pulau tidung sebagai wahana wisata kepulauan seribu memungkin kita untuk dapat menikmati pesona indonesia. Pulau tidung juga bisa kita manfaatkan sebagai sarana rekreasi bersama keluarga atau rombongan lainnya. Paket masukpun sangat terjangkau, terlebih jika kita bersama anggota atau kelompok sehingga akan lebih murah paket masuknya. :)

    BalasHapus
  16. aku malah belum pernah snorkeling nih :(

    BalasHapus