MARKAS BARU

MARKAS BARU
Markas Baru

Bagaimana Kalau Lagi Dapet?

| | 6 comments
Saya sedang membaca buku Quraish Shihab Menjawab tentang 101 soal perempuan yang wajib diketahui. Ada pertanyaan yang pas banget dengan pikiran saya ketika sekarang saya sedang lagi rajin-rajinnya mengaji, eh tau-taunya haid datang. Yah walaupun sepengetahuan saya sih tak apa-apa, tapi saya rasa kebanyakan perempuan merasa ada yang kurang saja ketika melakukannya karena merasa kurang "suci".
Mumpung ketemu dalilnya nih ya, saya blog kan saja tentang bagaimana pendapat bapak Quraish Shihab menjawab ini.
Buku dipinjam dari sini 
Dalil yang dipakai adalah :
"Janganlah Al-quran dipegang kecuali oleh yang suci " (HR. Malik melalui Amr bin Hizam). Nah pendapat berbeda-beda mengenai ini.
Pendapat Imam Malik, Syafii. -> Memegang harus dalam keadaan suci yakni berwudhu.
Pendapat Imam abu Hanifah -> bersuci adalah "dianjurkan".

Selanjutnya tentang membaca (tanpa memegang) mayoritas ulama membolehkan. Apalagi jika membaca itu udah jadi wirid. Walaupun ada juga ulama yang ketat melarang.

Demikian pendapat bapak Quraish Shihab. Kalau saya meyakini bahwa itu adalah anjuran, membaca tak apa-apa. Susah menghindarkan diri dari tidak membaca quran kan, terutama al-fatihah. Apalagi misalnya orang yang senantiasa "harus" membacanya, misalnya guru baca Al-quran, ya bisa cuti ngajar terus kalau seandainya musti gak dibolehin baca, ihik.

Tapi pak Quraish Shihab mengingatkan bahwa ini adalah kitab suci yang harus dijunjung tinggi dengan kesucian lahir bathin.

Ayo cit baca lagi biar khatam!! *pecut*

6 comments :

  1. Nanti aku kaish link ini kalau ada temanku yang nanya-nanya soal ini :)

    BalasHapus
  2. jadi menurut beliau memang boleh ya, ngaji sambil megang al qur'an waktu lagi haid? agak susah juga, di kepalaku saking udah dari kecil dikasitau kalo lagi mens gak boleh ngaji dan gak boleh megang qur'an, masih agak takut. hihihi..

    thanks cit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurutku Pak Quraish tipikal yang ndak memaksakan dalil mbok, silahkan pilih yang diyakini. tapi dari gaya dia mengulas sih sepertinya dia cendrung membolehkan banget buat membaca, tapi "memegang" itu yg menurutku dia agak ngambang jelasinnya. :D

      Hapus
  3. Iya, memegangnya dia ga gamblang bilang boleh atau gaknya, ya.Tapi membaca/menghapal dibolehkan.

    Kayak aku gini, lagi mens, terus ngajarin baca doa tidur/makan ke anakku, artinya boleh-boleh aja, ya?
    *narik kesimpulan semena-mena*

    BalasHapus
    Balasan
    1. emangnya doa tidurnya dari Al-quran re? doa-doa yang biasanya sering dipakai buat tidur itu dari hadits aja

      Hapus