MARKAS BARU

MARKAS BARU
Markas Baru

Talempong yang Asik

| | 5 comments
Banyakkah yang tau tentang musik tradisional Minang yang bernama "Talempong"? Talempong kalau di daerah Jawa itu mirip dengan salah satu dari alat seni musik Gamelan yaitu bonang. Terbuat dari kuningan yang punya jenis nada tertentu dan ditata sedemikian rupa di sebuah tempat sejenis meja atau juga ada yang dipegang oleh beberapa orang secara bersamaan.


Bedanya tentu pada komposisi musik yang dibawain, dimana setiap daerah di Indonesia kan kita tau sendiri punya ciri khas musik yang beda. Nah ini salah satunya.

Di beberapa acara adat dan penting lainnya musik pengiringnya adalah talempong ini, terutama mengiringi tarian-tariannya. Biasanya dibawakan dengan tempo yang riang dan cepat. Alat yang biasanya dibawakan bersama talempong adalah gong dan gendang. Kalau sekarang sudah dipadukan dengan gitar dan alat musik modern lainnya.
Senang sekali bahwa sekarang alat musik tradisional Minang sudah mulai diperkenalkan lagi dan sering ditampilkan. Bahkan sekarang di acara kawinan pun sudah kembali lagi memakai musik ini sebagai hiburan pengiring resepsinya yang dulunya biasa memakai organ tunggal :p

Video tadi saya rekam sewaktu mudik kemaren, di pintu kedatangan bandara langsung disambut dengan musik ini yang emang ditujukan buat perantau-perantau yang baru datang. Ngena banget deh, saya terhibur sekali dan susah beranjak dari bandara. Sayangnya gak bawa tiker :))
Mudah-mudahan kebudayaan tradisional itu tetap ada dan gak bakal hilang.

foto dipinjam dari sini
Selamat Senin \o/

5 comments :

  1. eh, kalo talempong itu nada suaranya pentatonis atau diatonis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. naah, yang begini aku gak ngerti bil. maaf :D

      Hapus
  2. Kamu harus tahu dong, cit. Jadi bisa jawab pertanyaan Billy dan aku yg baca juga jadi tahu.

    *datang2 malah ngasih ceramah

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kan penonton bukan pengguna alat musik. *urek urek pasir*

      itu videonya pada diliatin gak sih?! *banting monitor*

      Hapus
  3. memang budaya tradisional seperti ini makn sepi peminatnya, di negara maju spt Jepang yg budayanya dijunjung tinggipun smkn sepi peminat untuk melestarikan budaya tradisionalnya, semoga tidak punah :|

    BalasHapus