MARKAS BARU

MARKAS BARU
Markas Baru

Ke Europe On Screen Tahun Ini

| | 2 comments

Ke Europe On Screen tahun ini dan film apakah yang berhasil saya tonton?
Sebenarnya gak banyak, dari rencana awal pengen menonton semuaaaaa film (lebay), yang berhasil cuma kira-kira 7 film. Tapi lumayanlah mendapatkan film-film yang bagus gini. Jadi bisa nambah-nambah perbendaharaan film berkualitas.
Persiapan Panitia
Awalnya saya nonton Zarafa, film animasi bercerita tentang seorang anak bernama Maki yang berusaha menepati janjinya (ini janji sepihak sebenarnya) kepada seekor ibu Jerapah yang sekarat untuk selalu melindungi anaknya. Karena hal itu dia harus melewati berbagai negara melalui jalan darat padang pasir sampai balon udara dan bertemu dengan orang-orang yang akhirnya sangat mempengaruhi hidupnya. Bertemu dengan Hassan yang mempunyai sifat keras tapi nurani yang baik. 
Ceritanya sederhana tapi penuh makna dan diceritakan dengan baik serta memunculkan hikmah yang manis. Cerita anak-anak yang saaaangat menyentuh. 
foto dipinjam di sini
Selanjutnya yang saya tonton adalah Animal United, ini film animasi yang bercerita tentantg sekumpulan binatang yang sedang berusaha melindungi habitatnya yang terancam kekurangan air minum yang menyebabkan kelaparan dan kehausan di sebuah sabana yang dihuni oleh banyak gerombolan binatang. Bagaimana mereka akhirnya bisa mempertahankan hidup dan mendapatkan sumber air, itu yang diceritakan di sini. 
Mungkin ceritanya perlu sedikit lebih diolah lagi agar mendapatkan sesuatu yang lebih. Saya agak kurang puas dengan ceritanya memang, kalau animasinya sih cukup lumayan. 
foto dipinjam di sini
Adele BLanc-Sec, semacam film sci-fi yang menarik tentang seorang perempuan yang suka bertualang dan sedang mencari obat untuk menyembuhkan adiknya, sebenarnya lebih ke karakter Adele nya yang menarik sih. Wanita cantik dengan gaya Indiana Jones, berani dan blak-blakan. Cerita ini melibatkan berbagai macam kejadian menegangkan bersama dinosaurus dan juga mistis bersama mummi mesir. Tentu saja filmnya dibuat dengan efek komputer dengan hasil yang lumayan. Aku suka si Adele ini, lucu uwuwuwuwu...
foto dipinjam di sini
Dan satu lagi film animasi yang juga saya tonton adalah, Flight Before Christmas. Cerita tentang seekor rusa yang ingin membuktikan pada dirinya sendiri dan juga teman-temannya bahwa ayahnya adalah salah satu dari rusa terbang yang membawa kereta Santa, serta ingin belajar biar bisa terbang juga seperti ayahnya. Sekaligus untuk menyelamatkan para rusa terbang dari gerombolan srigala yang lapar. Tontonan yang bagus menjelang natal sepertinya. 
foto dipinjam di sini
The Storm, cerita dari belanda ini keren banget. Berlatar belakang daerah Zeeland yang merupakan daerah pesisir pantai Belanda yang dilanda badai. Ini katanya berdasarkan dari kisah nyata tentang kejadian yang pernah menimpa daerah tersebut di masa lampau. Menceritakan seorang ibu yg mencari anak bayinya yg terpisah darinya karena peristiwa badai, sungguh badai yg dahsyat seperti kejadian Tsunami Aceh. Diceritakan dengan sangat menyentuh dan dengan adegan yang terlihat sangat nyata. Saya kasih 8 buat film ini. 
foto dipinjam di sini
Christmas Tango, ah ini adalah film yang menarik. Sebenarnya idenya sederhana tentang seorang letnan yang ingin mengajak istri atasannya menari tango. Karena tidak bisa menari, dia memaksa anak buahnya untuk mengajarkannya menari. Ceritanya sederhana, tapi punya kesan mendalam. Berlatang belakang kamp tentara gitu. Coba tonton aja deh :)
foto dipinjam di sini 
Akhirnya saya cuma berkesempatan nonton film yang terakhir ini, Mothers. Terdiri dari beberapa cerita digabung dalam satu film, terdiri dari fiksi dan dokumenter. Awalnya saya agak bingung dengan perubahan cerita yang terjadi, tapi ya akhirnya menegrti dengan sendirinya. Penekanan film ini adalah tentang perempuan, mungkin itu makanya judulnya Mother. Tapi terus terang saya bingung dengan pemilihan judulnya. :P
foto dipinjam dari sini
Sebenarnya ada beberapa film yang ingin sekali saya tonton tapi ternyata belum beruntung untuk menikmatinya. saya kepengen banget nonton We have a Pope, Crossing Boundaries, In the Fog, Blind Spot dan The Strange case of Angelica. Baiklah, nanti kita cari cara lain untuk menontonnya. Kita?!
Dan semoga masih diberi umur panjang untuk menonton Europe on Screen tahun-tahun ke depan. 

Sekian sedikit review, Salam Cinema \O/
#halah 

2 comments :

  1. Aku sedih tahun ini hanya sempat ke pembukaannya Europe on Screen aja, nggak nonton film-film yang lainnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal bagus2 loh..
      Mari mudah2an tahun depan bisa punya waktu luang \o/

      Hapus